Beranda | Artikel
Syuhada Yang Paling Utama - Hadits 1504-1508 - Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah (Ustadz Badrusalam, Lc.)
Senin, 12 Maret 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Syuhada Yang Paling Utama – Hadits 1504-1508 merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dalam pembahasan Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah. Kajian hadits ini disampaikan pada 7 Rabbi’ul Awwal 1439 H / 26 November 2017 M.

Kajian Islam Tentang Syuhada Yang Paling Utama – Hadits 1504-1508 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Hadits 1504

أفضلُ الشهداء من سفك دمه، وعقر جواده

Syuhada yang paling utama adalah yang ditumpahkan darahnya dan disembelih kudanya

Hadits ini menunjukkan bahwa orang-orang yang mati syahid memiliki tingkatan-tingkatan. Dimana orang-orang yang mati syahid yang paling utama adalah orang yang meninggal di medan perang. Hal ini tentunya merupakan peperangan yang sesuai dengan syariat. Syahid yang paling tinggi adalah yang meninggal di medan perang. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan bahwa mati syahid bukan hanya orang yang meninggal di medan perang.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الشُّهَدَاءُ خَمْسَةٌ الْمَطْعُونُ وَالْمَبْطُونُ وَالْغَرِقُ وَصَاحِبُ الْهَدْمِ وَالشَّهِيدُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ

Orang yang mati syahid ada lima, yakni orang yang mati karena tho’un (wabah), orang yang mati karena menderita sakit perut, orang yang mati tenggelam, orang yang mati karena tertimpa reruntuhan dan orang yang mati syahid di jalan Allah.” (HR. Bukhari & Muslim)

Hadits 1505

يوشك أن يغلب على الدنيا لكع بن لكع، وأفضل الناس مؤ من بين كريمين

Hampir-hampir dunia akan dikuasai oleh Luka’ bin Luka’, dan manusia yang paling utama saat itu adalah mukmin diantara orang yang mulia

Luka’ bin Luka’ adalah sebutan orang arab untuk orang bodoh. Bukan bodoh terhadap dunia. Tapi bodoh terhadap agama. Sedangkan maksud dari perkataan Nabi “manusia yang paling utama saat itu adalah mukmin diantara orang yang mulia”, sebagian ulama mengatakan mukmik yang dipelihara oleh kedua orang tua yang shalih.  

 

Faidah dari hadits ini bahwa diantara mukjizat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan apa yang akan terjadi dimasa depan. Ini termasuk tanda kenabian beliau. Contoh yang lain dalam hal ini juga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan tentang tanda hari kiamat. Dan semuanya terjadi.

Hadits ini juga menunjukkan isyarat bahwa akan semakin sedikitnya ilmu dan tersebarnya kebodohan.

Haidts ini memberikan isyarat kepada kita bahwa hendaknya yang menjadi pemimpin adalah yang kuat segalanya. Kuat ilmu, ketakwaan, keshalihan, juga kepemimpinannya.

Hadits 1507 – Menit ke- 16:00

Simak penjelasan lengkap dan download mp3 ceramah agama tentang Syuhada Yang Paling Utama – Hadits 1504-1508 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah



Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30351-syuhada-yang-paling-utama-hadits-1504-1508-silsilah-al-ahadits-ash-shahihah-ustadz-badrusalam-lc/